Info Terbaru 2022

9 Jenis Layanan Konseling Yang Wajib Diketahui

9 Jenis Layanan Konseling Yang Wajib Diketahui
9 Jenis Layanan Konseling Yang Wajib Diketahui
- Layanan Bimbingan Konseling salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan seorang konselor. Namun untuk pemula yang gres saja bergelut dibidang konseling alangkah baiknya bila mengetahui jenis-jenis bimbingan konseling agar dalam melakukan kegiatan bimbingan sanggup dengan gampang diatasinya.

Berikut ini kami paparkan 9 jenis layanan konseling yang wajib diketahui :

9. Layanan Orientasi
Layanan orientasi yaitu layanan konseling yang memungkinkan klien memahami lingkungan yang gres dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar berperannya klien dalam lingkungan gres tersebut.

 Layanan Bimbingan Konseling salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan seorang konsel 9 Jenis Layanan Konseling yang wajib diketahui

8. Layanan Informasi
Layanan info yaitu layanan konseling yang memungkinkan klien mendapatkan dan memahami aneka macam info yang sanggup dipergunakan sebagai materi pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan klien.

7. Layanan Penempatan dan Penyaluran
Layanan penempatan dan penyaluran yaitu layanan konseling yang memungkinkan klien memperoleh penempatan dan penyaluran yang sesuai dengan talenta dan kemampuan masing-masing.

6. Layanan Penguasaan Konten
Layanan penguasaan konten yakni layanan konseling yang memungkinkan klien membuatkan diri berkenaan dengan perilaku dan kebiasaan mencar ilmu yang baik, materi pelajaran yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta aneka macam aspek tujuan dan kegiatan mencar ilmu lainnya.

5. Layanan Konseling Individual
Konseling individual ialah proses mencar ilmu melalui kekerabatan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dan seorang konseli/klien. Konseli/klien mengalami kesukaran pribadi yang tidak sanggup dipecahkan sendiri, kemudian ia meminta sumbangan konselor sebagai petugas yang profesional dalam jabatannya dengan pengetahuan dan ketrampilan psikologi. Konseling ditujukan pada individu yang normal, yang menghadapi kesukaran dalam mengalami persoalan pendidikan, pekerjaan dan sosial dimana ia tidak sanggup menentukan dan memutuskan sendiri. Dapat disimpulkan bahwa konseling hanya ditujukan pada individu-individu yang sudah menyadari kehidupan pribadinya.

4. Layanan Bimbingan Kelompok
Bimbingan kelompok dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya persoalan atau kesulitan pada diri konseli/klien. Isi kegiatan bimbingan kelompok terdiri atas penyampaian info yang berkenaan dengan persoalan pendidikan, pekerjaan, pribadi, dan persoalan sosial yang tidak disajikan dalam bentuk pelajaran.

3. Layanan Konseling Kelompok
Strategi berikutnya dalam melakukan kegiatan BK ialah konseling kelompok. Konseling kelompok merupakan upaya sumbangan kepada penerima didik dalam rangka menawarkan fasilitas dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Selain bersifat pencegahan, konseling kelompok sanggup pula bersifat penyembuhan.

2. Layanan Mediasi
Layanan mediasi yakni layanan konseling yang memungkinkan permasalahan atau perselisihan yang dialami klien dengan pihak lain sanggup terentaskan dengan konselor sebagai mediator.

1. Layanan Konsultasi
Pengertian konsultasi dalam kegiatan BK ialah sebagai suatu proses penyediaan sumbangan teknis untuk konselor, orang tua, direktur dan konselor lainnya dalam mengidentifikasi dan memperbaiki persoalan yang membatasi efektivitas penerima didik atau sekolah. konseling atau psikoterapi lantaran konsultasi tidak merupakan layanan yang pribadi ditujukan kepada klien, tetapi secara tidak pribadi melayani klien melalui sumbangan yang diberikan orang lain.

Mungkin itulah iranya yang dimaksud dengan sembilan jenis layanan bimbingan konseling yang biasanya dipakai konselor dalam menangani setiap permasalahan juga termasuk kedalam kegiatan BK, Semoga yang disampaikan kali ini bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90